Banyak orang beranggapan bahwa investasi itu cuma bisa dilakukan oleh kalangan menengah ke atas. Namun jangan salah, sekarang ini banyak lembaga keuangan yang sudah memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas investasi. Misalnya ada yang menabung saham atau reksadana, ada juga yang menabung emas.

Khusus bagi sobat yang berniat mencoba berinvestasi, tak perlu berkecil hati dengan modal yang minim. Berkat dukungan teknologi informasi saat ini, investasi menjadi begitu mudah bagi siapapun. Dengan modal pas-pasan, siapa pun kini bisa berinvestasi, seperti membeli atau mencicil emas misalnya. Bagi yang penasaran ingin mencobanya, yuk simak penjelasan di artikel berikut mengenai tips investasi emas antam dengan dana yang cukup terbatas.

Seperti diketahui untuk bisa berinvestasi dan mendapatkan emas, kita bisa melakukannya dengan dua cara. Pertama, dengan membeli secara tunai atau cash. Dan yang kedua dengan cara mencicil atau menabung. Yang menjadi permasalahan, saat pembelian cash biasanya dana yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Sobat bisa saja membeli emas dalam satuan gram yang kecil. Misalnya setangah atau satu gram.

Tetapi banyak pakar investasi justru tidak menyarankannya cara investasi seperti ini. Kenapa? Karena membeli emas untuk investasi dalam gram yang sangat kecil justru tidak efektif. Pasalnya, harga logam mulia menjadi mahal karena sudah ditambahkan biaya untuk cetak emas.

Untuk pembelian emas Antam dengan cara cash, berat yang disarankan adalah minimal 5 gram atau 10 gram. Dana yang harus disiapkan untuk membeli emas tersebut sedikitnya Rp 4,1 juta (untuk 5 gram). Sedangkan untuk berat 10 gram mungkin bisa mencapat Rp 8,1 juta.

Nah permasalahannya, biaya sebesar ini tentu tidak bisa dijangkau semua kalangan. Apalagi buat sobat yang punya penghasilan pas-pasan. Bagaimana kondisinya kalau budget yang kita miliki di bawah sejuta atau dibawah Rp500.000? Atau sobat misalnya hanya bisa nabung sebulan Rp600.000

Nah untuk menyikapi hal tersebut, sobat tidak perlu bingung. Kalau budget yang dimiliki sobat hanya Rp100.000 atau bahkan Rp10.000,sekarang sudah banyak pilihan untuk berinvestasi. Apa saja pilihan tersebut ?

Ya. Tabungan emas. Sobat dapat memilih tabungan emas di Antam dengan produk Brankas atau Tabungan Emas dari Pegadaian.

Brankas dari Antam

Untuk membuka tabungan di brankas, sobat harus datang ke salah satu butik Antam atau kantor Antam terdekat. Kalau sudah membuka rekening baru, sobat bisa melakukan setoran tabungan emas. Setoran tabungannya dalam rupiah namun kemudian akan diconvert ke dalam gram emas. Tabungan ini juga tersedia dalam platform online. Jadi sobat dapat membeli dan menjual emas secara online. Di Tabungan Brankas Antam, setoran minimalnya setara dengan 1 gram emas, saat ini lebih kurang Rp800.000.

Untuk pengambilan emas fisik, sobat harus datang kembali ke kantor Antam, baik di kantor pusat maupun di butik Antam di seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Brankas Antam bisa dicek langsung ke laman resminya Brankas.

BACA JUGA : Penduan Investasi Emas Syariah Online

Tabungan Emas Pegadaian

tips investasi emas
pengalaman menabung emas di pegadaian (sumber foto: pegadaian.co.id)

Hadirnya tabungan emas Pegadaian menjadi solusi buat yang ada di daerah-daerah terpencil. Pasalnya gerai Pegadaian lebih banyak tersebar di Indonesia di bandingkan Antam. Saat ini sekurangnya 4.500 lebih jaringan Kantor Pegadaian tersebar di setiap kecamatan dan kelurahan di Tanah Air.

Ini memang menjadi salah satu kelebihan dari sekian kelebihan menabung emas di Pegadaian. Di pegadaian Sobat bisa menabung emas dengan jumlah snagat kecil dan meringankan, bahkan dengan Rp.10.000. Uang yang sobat setorkan nantinya akan dikonversi menjadi gram emas sesuai dengan harga emas pada saat kita menabung. Untuk lebih lengkapnya cara menabung emas di Pegadaian bisa dibaca di artikel ini.

Ada tips investasi emas yang perlu di perhatikan dalam menabung di Pegadaian ini. Kalau bujet tabungan sobat dalam sehari misalnya Rp10.000 dan ingin ditabung ke tabungan emas, sebaiknya kumpulkan dulu uang tersebut minimal hingga Rp50.000. Kenapa? strategi Ini dapat menghemat biaya administrasi. Perlu diketahui, setiap sobat menyetor di Pegadaian ada biaya administrasinya sebesar Rp2500. Bayangkan kalau sobat hanya menabung Rp10.000 setiap kali datang ke Pegadaian, modal investasi sobat tentu akan berkurang .

BACA JUGA : Cara Mudah Berinvestasi Emas Antam

Tips penting berikutnya adalah dalam hal mencetak emas. Kalau tabungan sobat sudah cukup untuk mencetak emas senilai minimal 1 gram, sebaiknya jangan diambil atau dicairkan dalam bentuk kepingan 1 gram. Pasalnya, sobat akan dikenakan ongkos cetak yang menurut website Pegadaian sekitar Rp85.000. Kapan sobat sebaiknya mengambil cetakan fisiknya? Lebih baik kalau sudah tabungan sobat sudah mencapai jumlah setara 5 gram atau 10 gram emas.

Kesimpulannya, investasi emas itu sebenarnya bisa dilakukan siapa saja. Bahkan oleh berbagai kalangan, termasuk mereka yang memiliki dana yang terbatas sekalipun . Selain itu, dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, investasi emas memilki kelebihan dan relatif lebih menguntungan dibandingkan investasi lainnya. Semoga artikel Tips Investasi Emas dengan Dana Terbatas ini dapat menginspirasi sobat. Silakan berkomentar untuk berbagi pengalaman mengenai investasi emas ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here