Review Reksadana Bibit ==>> Sobat IdeInvestasi, dari beragam investasi reksadana yang ditawarkan saat ini, salah satu yang mesti dipertimbangkan adalah keuntungan serta kemudahan dalam menjalankannya. Artinya, investor tidak perlu direpotkan dengan berbagai hal termasuk dalam memilih reksadana mana yang berpotensi memberikan keuntungan.

Nah di artikel ini, akan dibahas sebuah produk investasi reksadana yang cukup unik. Reksadana yang dimaksud adalah Reksadana Bibit, yang menawarkan investasi reksadana dengan platfom aplikasi ponsel/online.  Semoga review reksadana Bibit ini akan membantu sobat dalam menentukan reksadana yang tepat.

Sesuai dengan taglinenya yakni Investasi Reksadana Secara Otomatis, Bibit menggunakan teknologi dan metode khusus untuk mempermudah investor dalam mengembangkan investasinya. Seperti dijelaskan dalam laman resminya, Bibit menggunakan teknologi untuk mempelajari profil investornya. Teknologi ini secara dinamis akan menyesuaikan investasi berdasarkan umur, penghasilan dan toleransi investor/user terhadap resiko. “Siapapun memiliki kesempatan yang sama untuk investasi dengan optimal sesuai dengan level resikonya.”

Bibit mengklaim menerapkan teori portofolio modern agar dapat memilih investasi yang paling tepat untuk investornya. Sederhananya, dengan aplikasi Bibit sobat tidak perlu lagi capek menganalisa sendiri untuk memilih Reksadana mana yang tepat dan bisa menguntungkan.

Di bagian FAQ laman Bibit dijelaskan tentang bagaimana Bibit bisa memilihkan reksadana yang paling pas untuk sobat. Di laman tersebut juga dijelaskan sedikit tentang filosopi Modern Portfolio Theory dan Efficient Frontier.

Fitur Robo Advisor

Yang membuat aplikasi Bibit ini unggul dibanding platform sejenisnya adalah fitur canggih yang bernama Robo Advisor. Seberapa bagus sebenarnya fitur ini? Robo Advisor akan membantu sobat agar bisa meraih profit dari setiap investasi yang ditanam. Sobat hanya perlu memasukkan data yang valid untuk ditentukan profil risikonya. Si Robo Advisor ini akan mencarikan reksadana yang return paling optimal relatif terhadap profil risiko sobat.

Untuk pendaftarannya, sobat bisa langsung mendownload dan menginstal Aplikasi Bibit. Linknya dapat diperoleh di link berikut : https://bibit.app.link/

Daftar dan Tentukan Profil Risiko

Setelah berhasil diinstal di ponsel, klik register dan sobat kemudian harus memasukkan beberapa data dan preferensi. Ini adalah proses pembentukan profil risiko sobat. Jadi, pastikan datanya diisi dengan akurat. Data-data yang harus diisi di antaranya, tanggal lahir, status perkawinan, jumlah penghasilan, tanggungan dsb.

Dari data dan preferensi yang diinput, Bibit akan menentukan profil risiko sobat. Apakah itu termasuk profil risiko rendah, sedang (moderat) atau tinggi. Setelah itu, sobat dapat menyelesaikan proses pendaftaran dengan mengisi nomor rekening bank untuk transfer, KTP selfie, dan lain-lain.

BACA JUGA: Reksadana vs Deposito Mana Lebih Untung?

Proses verifikasinya termasuk sangat cepat, karena tidak sampai satu hari akunnya sudah bisa aktif dan bisa membeli reksadana yang diinginkan.

Pembelian

Setelah akun sobat aktif, sekarang saatnya sobat melakukan pembelian unit di aplikasi Bibit. Dan ternyata benar saja. Fitur canggih Robo Advisor telah memberikan rekomendasi yang sudah disesuaikan dengan profil.

Untuk profil risiko moderat misalnya, Robo Advisor akan langsung merekomendasikan tiga jenis raksadana beserta komposisinya masing-masing, baik itu reksadana pasar uang, reksadana saham maupun reksadana obligasi.

review reksadana bibit
Robo Advisor memberikan rekomendasi yang sesuai profil risiko (sumber :bibit.id)

Sobat kemudian bisa langsung melakukan pembelian dengan mengklik “investasi sekarang”. Untuk jumlah pembelian reksadana minimal di Reksadana Bibit ini mulai Rp100.000.

Untuk proses pembayaran, Bibit menyediakan kemudian dengan fitur pembayar pakai Gopay, LinkAja dan transfer manual. Biaya transaksi melalui Gopay atau LinkAja ini gratis sehingga bisa menghemat biaya transfer. Ini sangat membantu Sobat, terutama yang inverstasinya masih nominal kecil misalnya Rp100.000. Jadi profitnya tidak tergerus oleh biaya transfer.

Bila sobat memilih menggunakan Gopay misalnya. Nanti proses transaksi secara otomatis terhubung dengan aplikasi Gojek. Sobat tinggal konfirmasi transaksi dengan memasukan PIN. Sangat mudah sekali ternyata karena tidak perlu repot transfer atau membuka online banking.

review reksadana bibit
pilihan pembayaran di Reksadana Bibit (sumber :bibit.id)

Fitur lain yang patur dicoba di Apps Reksadana Bibit ini adalah fitur Nabung Rutin. Fitur ini dapat ditemukan di bagian bawah. Dengan fitur ini, Sobat dapat menabung atau membeli reksadana secara rutin setiap tanggal tertentu. Misalnya tanggal sehari setelah sobat gajian.

Aplikasi Bibit ini memang sangat mudah digunakan dan desainnya simpel. Bisa dibilang, aplikasi ini sangat cocok untuk investor pemula. Bahkan kalau Sobat ingin memilih produk reksadana syariah, aplikasi ini menyediakannya.

Pada bagian profile pengguna, sobat dapat mengatur pilihan referensi Syariah. Dengan pilihan ini, semua produk reksadana yang direkomendasikan hanya dari Reksadana Syariah.

BACA JUGA : Inilah Keuntungan Reksadana

Penjualan dan pencarian profit

Untuk penjualan atau pencairan profit, aplikasi reksadana Bibit pun menawarkan banyak kemudahan. Di aplikasi ini tersedia fitur yang sangat bagus, yakni sobat sebagai investor akan diberi tahu rekening bank kustodiannya. Info ini penting agar sobat dapat menghemat biaya transfer.

Kalau misalnya rekening sobat BTPN, sedangkan bank custodiannya BCA, sudah dipastikan sobat terkena biaya transfer. Oleh sebab itu, untuk menghindari biaya, sobat dapat menggantinya dan mendaftarkan rekening yang sama agar tidak terkena biaya transfer.

review reksadana bibit
Sesuaikan rekening bank sobat agar tidak terkena biaya transfer sumber : bibit.id

Untuk mendaftarkan rekening bank tambahan di aplikasi Bibit, sobat tinggal masuk ke bagian settings, lalu pilih “Change Bank”. Nanti, sobat harus mengisi data nomor rekening dan selfie pakai buku tabungan. Jika sudah berhasil menambah rekening bank, silakan ganti rekening penerima agar sama dengan bank kustodian.

Setelah proses pencairan profit di aplikasi selesai, sobat tinggal menunggu sekitar 3 hari kerja. Uang hasil profit reksadana dipasikan sudah masuk ke rekening sobat.

Kesimpulan

Dari hasil review Reksadana Bibit, ada beberapa hal yang dapat disimpulkan :

  • Proses pendaftarannya sangat mudah, dengan scan KTP dan nomor telepon saja.
    Kita dapat membeli Reksadana juga sangat mudah bahkan bisa dengan Gopay atauLinkAja jadi kita tidak perlu khawatir biaya transfer saat beli
  • Fitur Robo Advisor sangat memudahkan investor hasilnya bisa lebih bagus dibandingkan kita memilih reksadana sendiri
  • Bisa pakai fitur nabung rutin karena menabung sarana adalah cara yang paling mudah untuk kita yang baru mulai Reksadana
  • Menjual atau mencairkan profit juga sangat mudah ada fitur bagus untuk menyamakan rekening bank agar kita tidak kena biaya transfer

Semoga Review Reksadana Bibit ini memuaskan. Apabila ada yang perlu ditambahkan informasinya, saya persilakan untuk melengkapinya di kolom komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here