Reksadana Ajaib Review, Sobat IdeInvestasi, salah satu pilihan yang kini semakin banyak diminati dalam berinvestasi adalah menggunakan marketplace reksadana online berbasis aplikasi smartphone.

Setelah sebelumnya kami mereview tentang Reksadana Bibit, kali ini IdeInvestasi akan mengintip salah satu pesaingnya yakni Reksadana Ajaib. Sebagai informasi, Reksadana Ajaib adalah marketplace keluaran dari PT Takjub Teknologi Indonesia. Ajaib memiliki logo berbentuk sosok seorang jin berwarna biru.

Dari sisi legalitas, Ajaib sudah terdaftar di OJK karena masuk dalam daftar APERD (Agen Penjual Reksa Dana). Perlu diketahui sobat semua, penting artinya untuk mengecek dulu legalitas penjual sebelum membeli reksadana, dan pastikan bahwa mereka adalah APERD yang terdaftar di OJK.

Kalau kita lihat sekilas Aplikasi Reksadana Ajaib, platform ini mencoba menghilangkan proses memilih reksadana yang ribet.  Mirip dengan Bibit, Ajaib membuat algoritma logika atau sistem yang otomatis, yang membantu sobat memilih reksadana yang paling tepat. Jadi kita tidak perlu lagi melakukan analisa apa-apa saat membeli produk Reksadana.

Logika dan sistem tersebut dibuat berdasarkan teori dan rumus-rumus yang dibuat oleh beberapa pemenang Nobel ekonomi tentang investasi. Kita bisa melihat rumus-rumusnya di dokumen ini, tapi intinya adalah ada 2 langkah yang dilakukan sistem ajaib untuk memilih Reksadana.

Pertama, menentukan profil risiko dan kedua adalah mencocokkan profil risiko dengan reksadana yang menghasilkan return tertinggi untuk tingkat resiko tersebut. Dari ratusan produk reksadana, ajaib akan langsung memilihkan reksadana yang paling pas untuk sobat.

Cara Daftar

Untuk mendaftar di aplikasi Ajaib, sobat sebelumnya harus mendownload dahulu Aplikasi Ajaib di playstore.  Di bawah ini disediakan link yang mengarah ke Google Play maupun Apple Store.

GOOGLE PLAY

APPLE STORE

Setelah aplikasi dipasang dan dijalankan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengisi nomor telepon dan email, untuk kemudian dilakukan verifikasi.

Selanjutnya sobat harus mengisi sejumlah pertanyaan wajib dari OJK. Sedangkan di tahap terakhir, sobat harus mengupload KTP dan tanda tangan di ponsel . Dibutuhkan waktu sampai sehari data-data tersebut dikonfirmasi.

reksada ajaib
Tampilan Aplikasi Reksadana Ajaib (Sumber Photo : http://ajaib.co.id)

Investasi Otomatis

Setelah itu, sobat juga harus mengisi profil investasi sobat. Ini semacam wawancara virtual yang penting untuk diisi secara karena akan dipakai oleh sistem Ajaib untuk menentukan rekomendasi-rekomendasi produk reksadana untuk sobat. Setelah diisi, nanti akan muncul profil investor sobat.  Jika profil investornya telah ditentukan (rendah, moderat, tinggi), nanti akan muncul rekomendasi yang dihasilkan sistemnya Ajaib (lihat gambar bawah).

Dari hasil wawancara virtual ini, Ajaib kemudian akan menganalisa sekitar 800 lebih reksadana, lalu memilihkan dua produk reksadana yang paling sesuai profil risiko. Sebenarnya, kalau sobat membeli dua produk reksadana hasil rekomendasi (otomatis) tersebut sudah cukup. Namun sobat juga dapat mengeksplorasi beberapa fitur lainnya di aplikasi Ajaib.

reksadana ajaib
(Sumber Photo : http://ajaib.co.id)

Cara Beli Reksadana

Selain membeli reksadana hasil rekomendasi, sobat juga dapat membeli produk reksadana lainnya di luar rekomendasi.  Pada menu Beranda, klik kata “Lainya” untuk mencari reksa dana yang anda inginkan.

Terdapat beberapa filter yang dapat dipilih, diantaranya jenis reksadana, durasi return, minimal investasi, bahkan anda dapat membandingkan antar reksadana lewat filter “Bandingkan“.

Di Ajaib, sobat dapat membeli reksadana minimal  Rp10 ribu  (secara manual) dan Rp400 ribu untuk investasi otomatis. Tidak semua produk reksadana di Ajaib bisa dibeli dengan nominal 10 ribu rupiah. Produk yang bisa dibeli dengan uang 10rb rupiah biasanya reksadana pasar uang seperti Cipta Dana Cash, Premier Ekuitas Makro Plus, Sri Kehati Likuid I Sri Likuid, dan Indeks Insight Indeks IDX30.

reksadana ajaib
Pilihan produk di aplikasi Reksadana Ajaib (Sumber Photo : http://ajaib.co.id)

Langkah membeli reksadana di aplikasi Ajaib :

  • Pilih reksadana yang diinginkan
  • Klik investasi sekarang
  • Masukkan nominal yang akan dibeli, lalu klik setor
  • Pilih metode pembayaran
  • Lakukan pembayaran dan unggah bukti transfer
  • Tunggu hingga unit reksadana sobat masuk (butuh proses maks tiga hari kerja)

Catatan : Sebagian besar bank kustodian reksadana Ajaib menggunakan bank BCA sebagai tujuan transfer. Jika sobat menggunakan bank yang berbeda dipastikan akan kena biaya transfer.

Jual Reksadana

Untuk menjual reksadana yang dimiliki,  sobat  masuk ke menu Investasiku.  Lalu pilih reksadana yang ingin dijual. Kemudian klim tombol “Tarik“.

Masukkan nilai nominal yang ingin ditarik, lalu dana akan ditransfer ke rekening bank milik sobat dalam 2-6 hari kerja.

cara menjual reksadana di aplikasi Ajaib (Sumber Photo : http://ajaib.co.id)

Fitur Tambahan

Ada banyak fitur menarik di aplikasi Ajaib ini. Salah satunya adalah fitur penasehat finansial. Sobat nanti akan diarahkan untuk membuka aplikasi Whatsapp lalu dan bisa bertanya-tanya secara gratis. Dengan ini, sobat bisa banyak tanya soal reksadana  sebelum membeli.

Dan terakhir ada program referral yang kita bisa dapat hadiah hingga Rp 1 juta  kalau bisa mengajak orang lain untuk download. Kalau berhasil mengajak teman akan mendapat  “koin ajaib”. Koin ini digunakan untuk memilih satu diantara tiga kartu, dimana tiga kartu ini berisi saldo bonus yang berbeda-beda, dengan nilai Rp10 ribu sampai Rp1 juta.

Selanjutnya kita coba ke halaman invest lalu saya akan beli reksadana yang tadi dari hasil rekomendasi ajaib dua pertiganya Reksadana pendapatan tetap dan sepertiganya Reksadana saham.

Kesimpulan

Pertama, untuk mendaftar reksadana Ajaib ini sangat mudah. Sobat hanya perlu scan KTP dan nomor telepon.

Kedua, sesuai fungsi apps ajaib kita sudah tidak pusing lagi memilih Reksadana karena ajaib otomatis memilihkan reksadana yang paling cocok untuk sobat.

Ketiga, jualnya cepat dan gampang uangnya berapa uang masuk ke rekening kita tapi tadi kita harus perhatikan bahwa akan ada biaya transfer kalau rekening kita beda dengan rekening bank kustodian

Keempat, ada beberapa fitur yang sangat menarik di apps ini. Misalnya buat yang pertama kali belajar reksadana, kita bisa tanya-tanya dulu sebelum membeli. Fitur lainnya kita juga bisa mendapat hadiah Rp1 juta dari kode referral apabila mengajak teman untuk mendaftar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here