investasi reksadana syariah
Ilustrasi investasi reksadana syariah (sumber : https://tokopedia.com)

Apabila kamu saat ini  sedang mempertimbangkan investasi reksadana syariah, tulisan ini dapat dijadikan salah satu referensi. Berkat kemajuan teknologi informasi, untuk berinvestasi reksadana semakin mudah. Karena produk rekasadana syariah dapat diakses secara online melalui aplikasi di ponsel.

Berkembangnya platform e-commerce di Tanah Air pun membuat investasi reksadana menjadi semakin semarak.  Pasalnya, sejumlah marketplace online kini sudah banyak yang menawarkan produk-produk investasi syariah tersebut. Sebut saja Tokopedia dan Bukalapak. Melalui marketplace ini, kamu bisa membeli produk reksa dana syariah dengan cuma modal Rp 10.000 saja.

Nah, kalau kamu sudah mantap untuk mencoba investasi reksadana, IdeInvestasi memberikan rekomendasi beberapa produk reksadana yang tersedia di marketplace tersebur.  Apa saja reksadana yang patut dilirik? Yuk kita simak satu per satu :

Pilihan Investasi Reksadana Syariah di E-Commerce

Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra

Reksadana ini adalah produk reksadana pasar uang yang telah diperkenalkan pada 29 April 2019 lalu dan sudah tersedia di aplikasi Tokopedia. Bank CIMB Niaga menjadi bank yang akan membantu mengurus administrasi, mengawasi dan menjaga aset reksadananya. Reksadana ini menawarkan imbal hasil mencapai 5,99 persen per tahunnya.

Reksadana Syariah Mandiri Bukareksa Pasar Uang

Produk ini juga masuk dalam reksadana pasar uang dan telah dipasarkan sejak 24 Maret 2017 silam.  Kamu dapat membeli reksadana ini melalui aplikasi Bukalapak dengan perkembangan produk hingga 5,31 persen dalam satu tahun terakhir.  Untuk pengurusan administrasi, pengawasan dan penjagaan aset reksadana dbantu oleh Bank CIMB Niaga.

BACA JUGA : Investasi Reksadana Syariah, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Cipta Syariah Balance

Produk ini bisa didapatkan dengan modal mulai Rp 100.000 saja.  Alokasi aset Cipta Syariah Balance tersebar di beberapa perusahaan dan juga surat berharga negara. kabarnyam dalam setahun terakhir, perkembangan produk reksa dana ini justru sedang menurun 0,95 persen karena punya risiko menengah ke atas.  Manajer investasi reksadana ini adalah Ciptadana Aset Management dengan total dana yang dikelola mencapai Rp 36,4 miliar.

BNP Paribas Pesona Syariah

Sobat cukup menyisihkan kocek minimal Rp 50.000 saja untuk membeli produk reksadana ini. Risiko investasinya terbilang kategori tinggi karena reksadana ini berjenis reksadana saham.  Menurut data, dalam setahun terakhir, perkembangan produk ini meningkat 5,73 persen. BNP Paribas Investment Partners merupakan manajer investasi reksadana ini dengan total dana yang dikelola mencapai Rp 720 miliar.

Mandiri Investa Dana Syariah

Reksadana ini dikelola oleh Mandiri Manajemen Investasi dengan Deutsche Bank AG menjadi bank yang akan membantu mengurus administrasi, mengawasi dan menjaga aset reksa dananya. Adapun total dana yang dikelola sudah mencapai Rp 45,5 miliar sejak peluncurannya pada 10 Februari 2009. Minimum pembelian reksa dana ini Rp 50.000 dengan perkembangan produk yang mencapai 8,86 persen dalam satu tahun terakhir. Adapun dari sisi risiko, reksa dana ini punya risiko menengah ke bawah.

Batavia Dana Saham Syariah

Reksa dana ini juga termasuk dalam reksa dana saham dengan risiko yang tinggi. Batavia Prosperindo Aset Manajemen menjadi manajer investasinya. Soal perkembangan, reksa dana ini tetap tumbuh 5,47 persen dalam satu tahun terakhir. Sementara itu pembelian produk bisa dilakukan mulai Rp 100.000.

Sucorinvest Sharia Equity Fund

Kamu harus menyiapkan modal minimal Rp 100.000 untuk bisa membeli produk reksadana ini. Reksa dana ini masuk dalam jenis reksadana saham dengan risiko tinggi. Dalam setahun terakhir, perkembangan produknya mencapai 6,48 persen. Sucorinvest Asset Management merupakan manajer investasi reksadana ini dengan total dana yang dikelola mencapai Rp 174,7 miliar.

BACA JUGA : Bagaimana Prospek Reksadana di Tahun 2021? 

Bahana MES Syariah

Kamu bisa  membeli produk danareksa syariah ini dengan modal mulai Rp 100.000. Dengan risiko menengah ke bawah, perkembangan produk reksa dana yang dikelola Bahana TCW Invesment Management ini mencapai 10,8 persen dalam satu tahun terakhir. Total dana yang dikelola sudah menembus hingga Rp 47,5 miliar.

Demikianlah penjelasan mengenai sejumlah pilihan investasi reksadana syariah yang kini tersedia di platform e-commerce. Semoga penjelasan di artikel ini dapat membantu kamu dalam mengembankan investasi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here