pengalaman reksadana tokopedia
pengalaman reksadana tokopedia (sumber : https://tokopedia.com)

Sobat IdeInvestasi, saat ini tersedia berbagai cara dan pilihan membeli Reksadana. Salah satunya adalah dengan membelinya di situs jual beli atau E-Commerce seperti Tokopedia atau Bukalapak. Di sini akan diulas pengalaman Reksadana Tokopedia, mulai dari cara mendaftar, membeli dan menjualnya sampai uangnya masuk kembali ke rekening.

Hal pertama yang mesti dipahami adalah Tokopedia ini merupakan agen penjual Reksadana alias tempat kita membeli Reksadana. Tempat membeli sebenarnya tidak akan mempengaruhi kinerja produk reksadananya.

Cara Mendaftar

Untuk mendaftar dan membeli Reksadana di Tokopedia, syarat yang pertama adalah sobat harus memiliki akun Tokopedia. Bagi yang belum punya, mulailah dengan membuat akun Tokopedia. Khusus pembelian pertama reksadana, ada proses pendaftaran tambahan. Sobat harus menyiapkan scan KTP dan handphone.

Untuk mendaftar, silakan akses ke website atau aplikasi Tokopedia. lalu cari Reksadana di kategori. Setelah menemukannya, lalu klik  dan “Mulai investasi”. Karena Tokopedia ini bekerjasama dengan Bareksa, maka cara daftarnya pun sama dengan reksadana di Bukalapak.

Intinya kita harus isi semua data kita dan upload KTP. Lalu, kita akan tanda tangan secara digital lewat smartphone. Setelah itu, akan ada proses verifikasi sekitar 1 hari.

pengalaman reksadana tokopedia
pengalaman reksadana tokopedia  (sumber : https://tokopedia.com)

Membeli Unit

Selanjutnya, kita bisa membeli Reksadana. Setelah proses verifikasi selesai, kita bisa membeli unit reksadana di Tokopedia. Ternyata, di Tokopedia kita hanya bisa beli satu produk reksadana, yaitu Syailendra Dana Kas. Ini merupakan reksadana pasar uang, maka cukup minim resikonya.

Returnnya di sini per tahun sekitar 5,6%, lumayan lebih besar dari deposito yang kena pajak bunga. Untuk membeli unit, masukan nominal yang mau dibeli kemudian klik beli Reksadana.

Untuk pembayaran sobat bisa memakai saldo Tokopedia atau sekarang namanya saldo Ovo atau pun bisa pakai transfer. Setelah diverifikasi, Reksadana akan diproses dalam 48 jam atau 2 hari. Proses belinya cukup mudah bukan?

Setelah ini, tunggulah sekitar 1 bulan agar kelihatan ada keuntungannya. Setelah sebulan, nanti akan terlihat berapa keuntungan yang bakal kita dapatkan. Karena Reksadana Tokopedia ini reksadana pasar uang, maka hampir tak ada resiko investasi menjadi minus.

pengalaman reksadana tokopedia
pengalaman reksadana tokopedia (sumber : https://tokopedia.com)

Dapat dilihat dari gambar di atas, ternyata dari modal Rp. 1 juta, kita bisa mendapatkan return sebesar Rp.4.483 atau sekitar 0,45% dalam 1 bulan. Ini masih konsisten dengan apa yang dijanjikan. Return 0,45 persen per bulan berarti sekitar 5,4% per tahun.

Kalau dibandingkan dengan review Reksadana Bukalapak, tampak terlihat bahwa informasi yang ditampilkan Tokopedia mengenai saldo Reksadana lebih minimalis. Tidak ada persen keuntungan, dan rata-rata harga unit saat membeli juga tidak diperlihatkan.

Menjual Unit Reksadana

Untuk menjual semua reksadana di Tokopedia langkahnya sangat mudah . Di fitur Reksadana sobat, tinggal klik “Jual” lalu masukkan nominal rupiahnya. Ini agak menarik. Karena biasanya, kalau menjual reksadana, yang diinput adalah berapa jumlah unit yang mau dijual. Untuk diketahui, harga unit yang ditransaksikan sebenarnya baru akan settle di malam hari. Jadi kita belum tahu nominal rupiahnya.

Dalam proses menjual Reksadana di Tokopedia, uang hasil penjualannya akan dicairkan ke saldo Tokopedia milik sobat. Ini menjadi poin yang menarik. Setelah memasukkan kode verifikasi yang dikirim via SMS, langkah menjual reksadana ini bisa diproses. Bila verifikasi berhasil, dana hasil penjualan sudah masuk ke saldo Tokopedia sobat. Menariknya, saldo ini bisa cair secara instan.

Hal ini berbeda dengan agen penjualan reksadana lain yang butuh hingga 2 hari kerja. Pasalnya, reksadana harus menunggu harga unit 1 settle, dan kemudian juga menunggu transfer oleh bank kustodian.

Ini sangat menguntungkan bagi kita sebagai nasabah. Karena uangnya bisa langsung dipakai. Tetapi di sisi lain, jenis reksadana yang punya potensi rugi seperti reksadana saham tidak bisa menggunakan cara ini. Karena bisa saja setelah harga unit keluar, nilai investasi kita berkurang.

Jadi mungkin ini strategi Tokopedia saja. Bisa jadi Tokopedia hanya akan bermain di Reksadana pasar uang, dan tidak berekspansi ke jenis Reksadana lain, seperti Reksadana saham dan campuran.

Ini bisa jadi bahan pertimbangan, kalau sobat memang mau mencoba semua jenis Reksadana, termasuk yang potensial keuntungan dan resikonya lebih besar mungkin tidak bisa melalui Tokopedia.

Pencairan ke rekening

Bils sobat ingin mencairkan dana penjualan reksadana ke rekening bank prosesnya pun tidak sulit. Karena ini saldo Tokopedia, maka prosesnya akan sama dengan pencairan saldo biasa. Di fitur reksadana Tokopedia pilih atau klik “tarik dana”, lalu pilih rekeningnya ini sesuai dengan rekening yang sudah kita daftarkan ke Tokopedia. Untuk pencairan ke rekening bank pada hari yang sama, akan dikenakan biaya transfer SKN sebesar Rp5.000.

Kesimpulan :

– Ternyata proses pendaftaran Reksadana Tokpedia cukup mudah. Bisa daftar hanya dengan scan KTP dan tanda tangan via online
– Hanya ada satu produk reksadana yang bisa dibeli di Tokopedia yaitu Syailendra Dana Kas ini merupakan Reksadana pasar uang. Untuk jenis Reksadana lain tidak tersedia di Tokopedia.
– Cara jual dan belinya sangat mudah. Proses bayarnya seperti belanja barang, demikian pula dengan proses jualnya.
– Saat menjual reksadana, saldo akan secara instan masuk ke saldo Tokopedia . Jadi sangat cocok kalau kita memang sering belanja di Tokopedia.
– Fitur Reksadana bisa menjadi objek menarik untuk tempat kita menyimpan uang belanja.
– Pencairannya melalui mekanisme pencairan saldo Tokopedia. Biasa butuh waktu 1 hari sudah masuk ke rekening, tapi ada biaya transfer sebesar Rp5.000.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here