Tips Memilih Reksadana Online Terbaik — -Di zaman now, investasi reksadana banyak dilirik para investor dari kalangan milenial. Kecanggihan teknologi membuat reksadana menjadi sangat mudah diakses dan digunakan semudah membuka mata.

Investasi reksadana sendiri sebenarnya bisa dilakukan atau dibeli tiga tempat. Pertama, sobat bisa membelinya secara konvesional di bank. Kedua, kita bisa mendatangi kantor perusahaan asset manegement reksadana, dan yang ketiga yakni dengan membelinya secara online.

Platform yang terakhir, yakni secara online, sekarang ini banyak diminati kaum muda karena kemudahan dan kepraktisannya. Reksadana online lebih simpel buat investor muda karena tak perlu repot bolak-balik datang ke bank atau ke kantor asset manajemen reksadana.

Sekarang ini, layanan atau lembaga investasi reksadana online semakin menjamur. Saking banyaknya, sampai-sampai sobat mungkin bingung juga sebaiknya memilih yang mana. Secara istilah, reksadana di online sering juga disebut marketpace atau supermarket reksadana.

Nah, bagi sobat yang masih bingung memilih yang mana, ada tips memilih reksadana online yang tepat.

Memilih Reksadana Online Terbaik

Marketpace reksadana ini bisa diibaratkan sebagai sebuah mall atau supermarket tempat menjual barang. Di tempat ini, seyogyanya dijual barang dengan koleksi lengkap dengan harganya. Dalam pemilihan reksadana online ini, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar tujuan investasi sobat cepat tercapai dan menjadi lebih efektif.

1. Kelengkapan produk

Sebaiknya sobat memilih layanan marketplace reksadana yang menawarkan produk investasi yang lengkap. Tujuannya, agar sobat mendapatkan banyak pilihan untuk dipertimbangkan, dan tidak perlu repot lagi mencari produk lain apabila sobat berniat beralih atau menambah jenis investasi reksadana.

Salah satu supermarket reksadana online terlengkap adalah Ipotfund. Ini merupakan marketplace reksadana online pertama dan terbesar di Indonesia. Ipotfund menjual lebih dari 200 produk reksa dana yaitu Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran, dan Reksa Dana Saham dari 37 manajer investasi ternama di Indonesia yang berada di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Marketplace yang juga tak kalah besar adalah Bareksa. Marketplace ini kabarnya sudah digunakan oleh 500 ribu dari 1 juta investor reksadana di Indonesia. Kesuksesan Bareksa memunculkan marketplace reksadana lainnya di Indonesia seperti TanamDuit, MoDuit, XDana, InviSee, Ajaib, dan Bibit.

BACA JUGA : Reksadana vs Deposito, Mana Lebih Untung?

2. Pelayanan spesial

Yang tak kalah penting adalah memilih marketplace adalah tersedianya pelayan yang bisa membantu kita dalam menentukan investasi. Di beberapa marketplace, ada semacam tools atau alat yang dapat membantu sobat di saat akan memilih produk saham yang tepat.

Di marketplace Bibit misalnya, ada fitur bernama Robo Advisor. Dengan menjawab 6 pertanyaan di aplikasi ini, Bibit bisa merekomendasikan kepada sobat bagaimana menentukan proporsi reksadana yang tepat. Berapa persen yang harus masuk ke reksadana saham, berapa yang ke reksadana obligasi dan ke reksadana pasar uang. Bahkan Robo ini juga bisa merekomendasikan reksadana saham yang mana yang tepat untuk sobat saat berinvestasi di reksadana saham. Jadi fitur ini sangat membantu untuk menentukan reksadana yang mana yang cocok dan sesuai dengan profil risiko sobat.

BACA JUGA : Review Reksadana Bibit

3. Pilih yang berbiaya rendah

Marketplace ini biasanya akan mengenakan biaya transaksi kepada setiap investornya. Sebaiknya, sobat memilih marketplace reksadana yang mengenakan biaya 0 persen untuk setiap transaksi. Dan bahkan kalau bisa, pilih yang memberikan layanan bebas biaya transfer. Ini menjadi sangat penting manakala sobat sering bertransaksi atau menggunakan bank yang berbeda dengan marketplace.

Demikianlah sekilas mengenai tips dalam memilih reksadana online terbaik.  Semoga artikel dapat menambah wawasan sobat sekalian.  Tinggalkan pendapat atau masukan Sobat mengenai artikel ini di kolom komentar di bawah.   Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here