Investasi Modal Kecil Untung Besar => Tak sedikit di antara sobat yang masih ragu untuk memulai berbisnis atau berinvestasi karena beragam alasan. Ada yang mengatakan kurang modal, atau alasan lain seperti takut rugi atau tak punya ide.

Di artikel ini, IdeInvestasi.com akan berbagi inspirasi mengenai bisnis atau investasi modal kecil untung besar yang bisa sobat lakukan. Bisnis ini sudah terbukti keberhasilannya dan membuat banyak pengusaha menjadi sukses.

Setidaknya, ada 10 jenis bisnis yang dapat dipertimbangkan. Bisnis ini banyak ditiru karena  menghasilkan profit yang menggiurkan. Apa saja ke-10 bisnis tersebut?   Simak penjelasan investasi modal kecil untung besar berikut ini ;

1. Layanan catering anak sekolah

Bisnis ini cukup menarik.  Banyak yang memulainya dengan modal sangat kecil. Bahkan ada yang mulai dengan modal sekitar Rp250.000, tapi hebatnya bisa menghidupi keluarga selama 1 bulan.  Salah satu kunci dari keberhasilan dari bisnis ini adalah kemampuan menyiapkan dan mengolah makanan, dari yang biasa-biasa menjadi meni yang penampilannya sangat menarik untuk anak-anak.

Dari modal Rp250.000 per hari saja, bisnis ini bisa menghasilkan omset hingga Rp500.000 per hari.  Wow…kalau ini diputar selama 1 bulan, sobat bisa menghitung sendiri berapa jumlah keutungannya.

2. Reseller

Ini adalah jenis bisnis yang cocok untuk sobat yang tak punya modal besar.  Sobat bisa menjadi  reseller barang apapun.  Modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini adalah teman atau relasi. Jadi tidak ada alasan buat siapapin untuk tidak bisa menjadi seorang reseller. Apalagi dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, sobat dapat menggunakan beragam platform untuk menjual barang secara online.

3. Cuci Setrika

Sobat pasti pernah mendengar bisnis cuci gosok. Jasa ini sangat dibutuhkan dan akan terus dibutuhkan.   Bisnis cuci gosok adalah cikal bakalnya bisnis laundry, dan laundry untungnya cukup baik.

Buat sobat yang berpikir, kira-kira modal buat bisnis cuci gosok berapa sih? Modal tenaga saja pun sebenarnya bisa. Sobat bisa datang dari rumah ke rumah.  Namun maksimal mungkin baru bisa maksimal  2 rumah setiap hari atau 8 rumah per minggu. Tetapi jika dengan menggunakan sistem berlangganan, jumlahnya pasti akan semakin besar.

Misalnya biaya untuk satu rumah sekitar Rp1 juta sampai Rp. 1,5 juta, untuk 8 rumah bisa di bayangan berapa? Dan  kalau sobat punya punya energi untuk melakukannya, bisnis cuci gosok bisa menjadi opsi.

BACA JUGA : Investasi Emas dengan Dana Terbatas

4. Antar jemput anak sekolah

Cukup banyak kisah sukses dari bisnis jemput antar anak sekolah ini. Ada salah satu pengusaha travel yang sempat kesulitan untuk menyewakan mobilnya, lalu ia beralih ke bisnis antar jemput anak sekolah. Yang menarik adalah, awalnya si pengusaha ini hanya punya satu mobil  yang dalam 1 bulan bisa menghasilkan Rp 10 juta sampai Rp 11 juta. Lalu ia pun membeli kedua dan bisa menghasilkan keuntungan hingga 10 juta.  Dia bahkan sampai memiliki mobil ketiga dengan penghasilan sampai Rp 10  juta. Ia membeli mobil kedua dan ketiganya dengan cicilan per bulan Rp 3,5 juta sampau Rp 4 juta. Jadi, dia masih bisa menyisihkan sekitar 6 juta per bulan untuk mendapat mobil kedua dan ketiganya.

5. Jualan kerupuk

Di Sumatera Barat, ada pengusaha keripik jangek atau kerupik kulit. Kerupuk kulit ini modal awalnya adalah Rp200.000.  Dari modal Rp200.000, pengusaha ini bisa membuat 30 bungkus  kerupuk lalu kemudian dijual ke toko-toko.  Ia menjual produknya dengan harga Rp15.000, jadi ia mendapat Rp450.000 untuk satu putaran modal. Lalu ia melakukan ekspansi dengan lebih banyak menitikannya toko-toko.

Karena produk ini rasanya enak, lalu dia menawarkan untuk tidak lagi memakai sistem konsinyasi, melainkan dengan sistem beli putus walau sedikit jumlahnya.  Jumlahnya mulai dari 15 bungkus, dan  untuk toko toko oleh-oleh hal itu bisa dikatakan tidak berisiko besar.

Menjual 15 bungkus untuk produk yang laku dan bagus akan cepat di toko oleh-oleh, apalagi kalau di hari liburan.  Pengusaha  ini sekarang tumbuh cukup besar dan memiliki lebih banyak varian untuk oleh-oleh makanan ringan.

6. Jual Donat

Tahukah sobat, bisnis donat itu modalnya kecil hasilnya banyak dan laris. Modalnya  antara Rp60.000 sampai Rp100.000.  Dengan modal segitu bisa diolah menjadi banyak donat dan bisa menjualnya dengan harga terjangkau .

Kreativitas juga dapat menentukan keberhasilan bisnis donat. Buatlah donat dengan beragam toping dan rasa,  kemudian penjualanya bisa dititip di warung. Kalau enggak habis terjual, ya sobat bisa membagi-bagikanya kepada yang membutuhkan (bersedekah) . Tetapi kalau misalnya habis terjual, berarti keuntungan akan masuk ke kantong sobat.

7. Jual Es Krim

Ice cream ini sebenarnya sangat mudah membuatnya.   Keterampilan membuat es krim bisa dilihat di YouTube, dari mulai berbahan maizena sampai essence beragam rasa. Pilihlah jenis es krim  yang sangat mudah dibuat dan menggunakan bahan yang cukup murah.  Sobat nanti dapat menjualnya dalam bentuk cup dengan harga yang terjangkau misalnya Rp.3.000 sampai Rp.5000.  Bisa dititipkan di kantin atau warung yang memiliki freezer. Dengan sifatnya yang beku dan cuku tahan lama, bisnis es krim bisa mendapatkan income rutin yang cukup besar.

8. Menyewakan rumah

Untuk sobat yang sama sekali tidak punya modal, tetapi yang punya aset seperti rumah kosong, sekarang ini lagi ngetren rumahnya diambil alih oleh OYO atau Reddoorz. Bisnis Online Travel Agent akhir-akhir ini sedang marak, dan menjadi kesempatan yang bagis buat Sobat  yang punya rumahnya berada di tempat strategis seperti pinggir jalan, dan ada parkiran yang memadai.

Untuk bisa bekerja sama dengan agen travel ini memang ada persyaratan atau minimum requirements. Nanti sobat akan mendapat income rutin dari Reddoorz  karena kamar di rumah sobat disewakan melalui agen travel ini.

Sobat bisa mendapat income harian karena, kamar yang disewakan seperti hotel. Tidak seperti kos-kosan yang sewanya bulanan. Kalaupun rumah sobat hanya diseewakan pas  akhir pekan saja, tetapi income dari online travel agent seperti ini terbilang lumayan, apalagi jika disewakan harian.

BACA JUGA : Investasi Modal Kecil Profit Harian

9.  Membuka warung

Ini adalah model bisnis konvensional. Bisnis yang dimaksud adalah trading. Ada sebuah persepsi, kalau yang namanya warung itu nggak bakalan untung.  Padahal warung itu sebenarnya jauh lebih menguntungkan daripada minimarket yang biaya operasionalnya sudah besar.

Warung itu sebenarnya simpel. Buka tutup sesuai dengan jam operasional pemiliknya. Lokasinya pun  di rumah. Untuk mendapat profit maksimal, barang-barang yang dijual  harus berasal dari grosir yang harganya jauh lebih murah.  Untuk mendapat barang dengan harga grosir, sobat  bisa membelinya dari pusat grosir, atau pun secara online bisa dicari  di website Ralali.com

BACA JUGA : Pilah Pilih Investasi Jangka Pendek

10. Jual minuman jus buah

Jus bisa dikatakan minuman yang long lasting. Kenapa? Minuman ini selalu banyak peminatnya karena kebanyakan dari kita malas untuk membuat jus buah sendiri. Sobat bisa hitung sendiri berapa modal untuk bisnis jus buah ini, mulai dari buah segar, gula atau susu hingga es dan blendernya.

Jika pedagang jus di tempat sobat masih terbilang jarang, ini bisa menjadi kesempatan ang baik untuk dicoba. Setiap hari pasti laku, terutama di musim kemarau.

Demikianlah 10 ide dan inspirasi bisnis atau investasi modal kecil untung besar.  Bisnis ini bisa sobat mulai lakukan di rumah sendiri, tidak butuh modal besar,  melainkan kemauan dan tekad yang kuat. Agar, modal yang cukup minimal ini bisa  mendatangkan profit yang maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here