IDEINVESTASI.COM – – Berikut empat jenis reksa dana yang wajib kamu ketahui sebelum memutuskan berinvestasi di reksa dana biar tidak salah pilih:

 

  1. Reksa dana Pendapatan Tetap

Reksa dana pendapatan tetap adalah jenis reksa dana yang mayoritas dananya dapat dialokasikan pada obligasi milik pemerintah dan juga swasta. Sisa dana yang ada kemudian dialihkan kepada jenis instrumen pasar uang, jadi pergerakannya cukup stabil.

Selain menjadi jenis reksa dana yang paling stabil dibandingkan jenis reksa dana lainnya. Imbah hasil reksa dana pendapatan tetap pun bisa mencapai lebih dari 10% terutama saat suku bunga deposito menurun.

Lebih menguntungkan dari deposito, dana reksa dana pendapatan tetap bisa ditarik kapan saja tanpa takut terkena penalti tidak seperti deposito jika dana ditarik sebelum jatuh tempo.

Karena dananya bisa ditarik kapan saja, reksa dana pendapatan tetap tidak memiliki ukuran waktu yang tetap untuk jangka investasinya.

 

  1. Reksada Pasar Uang

Reksa dana pasar uang merupakan investasi yang mayoritas dananya akan dialokasikan dalam deposito atau surat berharga dengan jatuh tempo di bawah satu tahun. Reksa dana pasar uang adalah jenis reksa dana yang memiliki risiko lebih rendah dibanding jenis reksa dana lainnya tapi imbah hasilnya juga lumaya bahkan bisa lebih baik dibandingkan deposito.

Dengan dana Rp100 ribu saja kamu dapat memulai investasi reksa dana pasar uang dengan kelebihan dimana dana dan imbah hasilnya dapat dicairkan kapan saja.

 

  1. Reksa dana Saham

Reksa dana saham adalah pilihan yang paling tepat untuk kamu yang memiliki ketertarikan dalam dunia saham dan mempermudah kamu yang masih ragu dengan investasi langsung melalui saham. Melalui investasi reksa dana saham ini kamu dapat masuk dalam dunia saham dengan risiko yang relatif lebih rendah dibandingkan langsung melalui investasi saham.

Imbah hasil dari investasi reksana saham juga cukup menjanjikan lho. Karena reksa dana saham ini dikenal dengan investasi yang dapat menghasilkan namun dengan risiko yang cukup rendah. Jadi, kamu tidak usah khawatir dalam menjajal investasi reksa dana saham walaupun masih pemula.

 

  1. Reksa dana Campuran

Reksa dana jenis ini akan membagi dana investasi kamu ke beberapa sektor investasi lainnya seperti saham, obligasi dan sisanya ke pasar uang. Reksa dana campuran juga banyak dilirik karena imbah hasilnya yang cukup tinggi.

Reksa dana ini cocok untuk investor yang ingin mendapatkan keuntungan dari pasar saham tapi tidak ingin ketinggalan momentum yang ada dalam pasar obligasi. Keuntungan lainnya, dengan reksa dana campuran kamu dapat mengalihkan risiko yang saat salah satu sektor investasi dimana dana kamu didistribusikan sedang menurun.

Reksa dana campuran cocok untuk para investor yang ingin berinvestasi jangka menengah mulai dari 3-5 tahun. [ ]

Sumber: cermati.com

Redaksi: admin

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here