Cara Investasi Saham untuk Pemula – Sobat Ide Investasi, saham adalah salah satu jenis investasi yang sudah dikenal luas. Investasi ini merupakan bentuk investasi dengan keuntungan terbaik dalam rentang waktu terbaik yang sudah terbukti di seluruh dunia. Dengan bermain saham, sobat bisa menjadi pemilik usaha yang dijalankan oleh manajemen profesional. Uang akan bekerja untuk Sobat.

Sayangnya, persepsi di masyarakat tentang investasi saham sejauh ini masih kurang positif. Tak sedikit yang menganggap bermain saham adalah spekulasi atau judi. Ada yang menganggap main saham bisa rugi besar. Walaupun kerugian memang bisa terjadi bila Sobat kurang belajar atau berinvestasi saham dengan cara keliru.

Karena itu, belajar investasi saham adalah hal penting agar Sobat bisa mendapatkan profit secara maksimal. Lalu, bagaimana cara berinvestasi saham yang benar? Bagaimana cara trading saham buat pemula ? Apakah strategi supaya main saham tidak rugi ?

Beragam pertanyaan itu pasti akan muncul dalam benak Sobat yang ingin belajar main saham. Nah, sebelum kita melangkah jauh bermain saham, sobat wajib memahami dahulu seputar saham, mulai dari definisi saham hingga seluk beluknya.

Pengertian Saham

Apa itu saham ?

Saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas, yang mana dengan menyertakan modal tersebut, maka pihak tersebut memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas asset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Investasi saham adalah untuk mendatangkan keuntungan bagi pemilik atau pembelinya, yaitu dalam jenis keuntungan berupa dividen dan capital gain.

Dividen merupakan pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan dan berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan. Sedangkan capital Gain merupakan selisih antara harga beli dan harga jual. Capital gain terbentuk dengan adanya aktivitas perdagangan saham di pasar sekunder.

Harga saham adalah indikator jual beli saham di Bursa Efek Indonesia. Informasi harga tersedia secara real-time di bursa saham.

Esensi Investasi Saham

Kesalahan terbesar di antara para pemain saham – terutama bagi pemula – adalah tidak memahami esensi investasi saham. Akibat ingin segera bermain atau untung cepat, banyak yang tidak memahami tentang esensi sebenarnya dari investasi saham.

Belajar bahwa memahami esensi investasi saham menjadi sangat penting untuk pemula. Karena semua strategi, cara bermain dan aspek lain dalam investasi saham sangat dipengaruhi pemahaman dan perspektif kita soal apa itu investasi saham. Dengan membeli atau bermain saham, pada dasarnya sobat telah berinvestasi dalam suatu usaha atau bisnis. Tak berbeda ketika sobat berinvestasi di usaha warung atau kafe bersama teman atau saudara.

Saham adalah bukti kepemilikan atas suatu perusahaan. Dengan membeli saham, artinya sobat telah menjadi pemilik (pemegang saham) dari perusahaan tersebut. Dan menyerahkan pengelolaan perusahaan kepada management professional sobat yang dipercaya bisa mengelola bisnis untuk meningkatkan nilai perusahaan.

Pemahaman tersebut bakal mempengaruhi cara sobat dalam berinvestasi. Misalnya cara bersikap yang tenang dan tidak panik saat harga saham anjlok drastis karena kinerja perusahaan baik-baik saja. Atau memborong saham saat market crash karena harga saham sudah terlihat murah, sementara kinerja perusahaan tidak memburuk sama sekali.

Memilih Saham
Salah satu langkah dalam memahami cara investasi saham bagi pemula adalah memilih saham. Untuk mudahnya, kita dapat mengintip saham yang dipegang oleh Manajer Investasi yang mengelola Reksadana Saham. Manajer investasi wajib menyampaikan portfolio Top 10 Saham yang dipegang di Reksadana Saham. Anda bisa melihat daftar Top 10 saham tersebut di laporan bulanan Reksadana Saham.

Di situs manajer investasi atau agen penjual reksadana online, pilih dahulu Reksadana saham yang ingin sobat lihat koleksi sahamnya. Lalu, di bagian statistik atau kinerja bulanan, sobat bisa melihat Top 10 Holdings saham dari reksadana tersebut.

Saham Blue-Chip

Apa saham yang bagus untuk investasi jangka panjang ? Apa pilihan saham untuk pemula ? Cara main buat pemula dalam belajar saham adalah fokus ke saham-saham blue-chip.

Saham blue-chip adalah saham dari perusahaan dengan kualitas terbaik yang dijual di bursa. Jenis saham ini dianggap paling aman dan menjanjikan stabilitas keuntungan.

Supaya lebih mudah dibayangkan, lihat contoh beberapa saham blue-chip di Bursa Efek Indonesia, yang bisa menjadi pilihan saham untuk pemula, yaitu:

– Unilever Indonesia (kode UNVR) adalah perusahaan consumer goods terbaik di Indonesia dengan berbagai brand produk rumah tangga yang sudah tidak asing di masyarakat. Kinerja keuangan UNVR adalah salah satu yang terbaik di bursa dengan kemampuan saham ini mencetak laba secara konsisten.

– Bank BRI (kode BBRI) adalah bank dengan laba terbesar di Indonesia. Dengan usia perusahaan lebih dari 100 tahun, Bank BRI punya kemampuan dan pengalaman di kredit mikro dan UMKM, yang boleh dikatakan tanpa pesaing saat ini karena semua pesaing yang dulu pernah masuk ke sektor mikro dan UMKM sekarang sudah banyak yang mundur mengakui kepiawaian dan dominasi BRI di sektor ini.

Bank BCA (kode BBCA) adalah bank terbaik di Indonesia dengan jaringan ATM terbesar, jutaan jumlah nasabah dan paling penting menghasilkan profit besar buat pemegang saham.

Tiga saham blue-chip diatas adalah pilihan saham untuk pemula yang layak dipertimbangkan jika baru pertama belajar investasi saham.

Tidak ada definisi yang pasti mengenai saham blue-chip. Namun biasanya sobat bisa melihat saham yang punya kapitalisasi pasar besar dan ramai diperdagangkan setiap hari di bursa. Pilihan saham untuk pemula bisa dimulai dengan saham-saham blue-chip tersebut.

Belajar Saham Secara Gratis

Langkah lain yang perlu dilakukan untuk berinvestasi saham adalah belajar saham secara offline di kelas, atau online lewat situs. PT Bursa Efek Indonesia (IDX) menyelenggarakan Sekolah Pasar Modal yang sudah berjalan beberapa tahun ini diperuntukkan untuk sobat yang ingin mengenal Pasar Modal lebih jauh dengan dibimbing oleh profesional yang sudah ahli dibidangnya langsung di dalam kelas secara tatap muka.

Untuk belajar saham secara Online, Sobat dapat menemukannya di situs broker-broker dimana sobat membuka rekening untuk bermain saham menyediakan berbagai modul untuk mempelajari saham secara online dengan gratis. Di kelas belajar saham tersebut, sobat bisa mempelajari seluk beluk investasi saham dari level dasar (basic) sampai advanced.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here