cara investasi emas
cara investasi emas (sumber: pixabay.com)

Meskipun materi tentang cara berinvestasi emas telah dikupas dalam sejumlah artikel sebelumnya. Namun, tak ada salahnya untuk menyimak lagi tips investasi emas untuk pemula atau masih awam dalam investasi.

Apa saja tips investasi emas untuk pemula? Setidaknya ada lima poin yang perlu diperhatian dalam mengawali langkah berinvestasi emas.

5 Tips Investasi Emas untuk Pemula:

1. Tetapkan Tujuan Investasi Emas

Pertama, Sobat kalau mau berinvestasi harus punya tujuan. Tujuan Sobat dalam berinvestasi itu diibaratkan seperti kendaraan untuk mencapai tujuan keuangan kita. Apakah tujuannya untuk membiayai sekolah? Ibadah, beli rumah, beli mobil, atau jalan-jalan? Itu semua tujuan yang bisa diraih dengan investasi.

Lalu, kalau Sobat belum punya tujuan bagaimana? Katakanlah tujuan membeli emas batangan ini hanya iseng-iseng saja, mengalir atau sekedar coba-coba. Hal ini sebenarnya sih oke-oke saja.

Tidak menjadi masalah jika Sobat membeli emas untuk sekedar menabung atau “menyelamatkan” dana. Ibaratnya, Sobat menghindarkan diri dari hal-hal yang konsumtif dan memilih membeli emas batangan yang sewaktu-waktu bisa dijual dengan harga kompetitif.

Tetapi, kalau Sobat memang sudah menetapkan tujuan berinvestasi, pastikan kembali dan tanya ke diri kita sendiri, kenapa sih tujuan itu penting sekali.

Seberapa pentingnya tujuan investasi ini perlu ditanamkan dalam diri Sobat. Kenapa? karena bisa jadi dalam proses mencapai tujuan akan ada banyak godaan. Biasanya selalu ada tantangan dan godaan yang membuat tujuan investasi Sobat akhirnya tidak sampai atau kandas di tengah jalan.

2. Tentukan Target Emas yang Harus Dicapai

Yang kedua, bila sobat sudah menetapkan tujuan, langkah berikutnya adalah menentukan target emas yang harus dicapai. Untuk langkah ini, Sobat perlu mencari tahu dan menghitung target berat emas dan mengetahui nilai rupiahnya yang diingin dicapai.

Bila perlu, Sobat bisa mencari rumus atau simulasi dalam berinvestasi emas. Dengan begitu, kita tahu berapa jumlah gram emas yang harus kita kumpulkan dalam kurun waktu tertentu, beserta rupiah yang harus ditabung.

3. Ketahui Cara Mendapatkan Emasnya

Di sinilah kemudian muncul banyak pertanyaan karena saat ini tersedia banyak pilihan dalam berinvestasi emas. Dari sisi fisik misalnya, sekarang ini tersedia investasi emas dalam batangan, ada juga investasi emas dalam bentuk digital.

Ada pula investasi emas dalam bentuk/ukuran gram yang sangat kecil, dan ada juga investasi emas dalam ukuran yang besar. Selain itu, ada juga pilihan dari segi mereknya. Semakin banyak merek emas yang dijual di pasaran, semakin banyak pilihan dalam berinvestasi.

Khusus untuk para investor pemula, sebaiknya memilih jenis emas yang sudah dikenal masyarakat. Untuk jenis emas yang berupa fisik, salah satu yang patut dipertimbangkan adalah Emas Antam dari ukuran 0,5 gram.

Untuk investasi dalam bentuk digital saat ini banyak tersedia layanan pembelian emas seperti Pegadaian Digital, Peluang, Brankas Antam, Tamasia, Tabungan Indogold atau Laku Emas.

Semua platform digital ini bisa menjadi pilihan, namun untuk para pemula disarankan untuk memilih lembaga yang sudah memiliki reputasi besar atau istilahnya TRUSTED. Jadi sobat yang masih pemula sebaiknya pilih lembaga yang sudah berdiri sekian puluh tahun atau bahkan 100 tahun.

Untuk para pemula, disarankan untuk memilih tabungan emas di Pegadaian Kenapa?

Yang pertama, lembaga ini milik pemerintah. Kedua, akses untuk layanan ini sangat mudah dan banyak. Saat ini ada sekitar 4.000 cabang Pegadaian yang tersebar di Tanah Air.

Yang ketiga, spread antara kita membeli dan menjualnya termasuk yang paling rendah, yakni kurang lebih 3,08%. Sehingga menguntungkan buat pemula. Kelebihan dari tabungan Emas Digital, apabila Sobat memiliki uang, bahkan hanya Rp10 ribu atau Rp20 ribu. sobat bisa nabung di tabungan emas. Jadi uang Sobat selamat.

Bayangkan kalau uang itu ada di saku atau dompet Sobat. Bisa dipastikan uang receh itu habis dibelikan hal-hal kecil yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan.

BACA JUGA : Cara Investasi Emas di Pegadaian

Kuncinya adalah sesuaikan dengan kemampuan kita masing-masing. Jadi Sobat tidak perlu harus langsung membeli emas dalam ukuran batangan puluhan atau bahkan ratusan gram. Tetapi bisa memulainya dari gram yang sangat kecil.

Untuk pemula, misalnya bisa membeli emas dengan ukuran 1 gram. Nanti setelah banyak dapat ditukar dengan emas dengan ukuran gram yang lebih besar. Katakanlan 1 gram setiap bulan, kemudian setelah terkumpul 5 gram dapat ditukar ke emas dengan ukuran gram yang lebih besar.

Untuk strategi ini memang ada plus minusnya. Pertama, kalau yang 1 gram dulu setiap bulannya, harga 1 gram memang relatif lebih mahal harga per kepingnya dibandingkan yang kepingan besar 5 gram.

Belum lagi nanti pada saat penukaran 1 gram (5 keping) ke 5 gram, 1 keping itu kan prosesnya harus kita jual dulu. Untuk membeli 1 keping emas seberat 5 gram pun nanti akan ada lagi biayanya.

Itu sebabnya, untuk pemula juga disarankan memilih tabungan emas digital. Pasalnya, harga emas per gramnya sama (tidak seperti emas fisik). Nanti akan muncul biaya ketika emas kita mau dicetak. Misalnya gram emas Sobat sudah mencapai 5 gram.

Ada lagi cara lain misalnya Sobat mau nabung dulu secara konvensional untuk mencapai target membeli emas 5 gram. Hal ini pun tidak menjadi masalah. Hanya saja risikonya tabungan ini bisa saja habis karena Sobat tidak pandai menyimpan uang dalam bentuk cash.

BACA JUGA : Cara Investasi Emas Syariah Online

Intinya, untuk pilihan antara 1 gram atau 5 gram, semua dikembalikan kepada Sobat sendiri. Yang penting lakukanlah dahulu, jangan karena kebanyakan informasi Sobat tidak pernah action.

4. Jalankan Misi Anda

Setelah menetapkan tiga langkah tadi, yang berikutnya adalah menjalankan misi dari investasi emas ini. Setiap orang punya misi yang berbeda. Ingat di poin pertama tadi, KENAPA Sobat harus berinvestasi. Kenapa tujuan investasi ini harus dicapai oleh Sobat. Karena di tahap proses menuju tujuan atau menjalankan misi ini, pasti akan banyak gangguan.

Kalau Sobat bisa menanamkan dengan kuat alasan KENAPA harus berinvestasi dalam pikiran dan hati Sobat, maka gangguan itu bisa diatasi.

5. Tanamkan prinsip “Uang Bekerja untuk Kita”

Poin kelima dari tips investasi emas untuk pemula adalah menanamkan pemahaman tentang Investasi itu sendiri.  Ada quotes yang sangat bagus dari para pakar investasi : “Kalau kita menyimpan uang artinya kita mengistirahatkan uang kita. Tetapi kalau kita menginvestasikan uang, apakah itu di emas, properti, saham dan sebagainya, artinya kita membuat uang bekerja untuk kita”

Tanamkanlah prinsip tersebut dalam berinvestasi. Dengan begitu, Sobat akan semakin yakin dan paham dalam hal investasi.  Selamat berinvestasi!

BACA JUGA : Tips Investasi Emas dengan Dana Terbatas

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here